Sabtu, 14 Februari 2009

Visibility Anda Lebih Penting Dari Kemampuan Anda

Jika saya mengatakan "visibility anda lebih penting dari kemampuan anda", maka anda dapat saja membantahnya. Karena kita semua bangga dengan bakat dan keahlian kita. Anda memiliki alasan bahwa jika kita tidak memiliki kemampuan, maka kita tidak akan berada dalam sebuah bisnis. Padahal, jika anda tidak terlihat oleh orang yang tepat secara terus menerus, maka anda dapat kehilangan bisnis dibandingkan dengan pesaing anda yang kemampuannya lebih rendah dari anda, namun lebih terlihat oleh pelanggan.

Ketika anda mencoba untuk mendapatkan bisnis, langkah pertama adalah anda mesti terlihat oleh target market anda. Tanpa terlihat oleh target market anda, maka anda tidak akan mendapatkan bisnis sekalipun anda memiliki keahlian yang hebat. Target market anda tidak mempunyai cara untuk mengetahui kehebatan keahlian anda, jika target market anda tidak mengenal anda. Sekalipun hal tersebut menentang logika anda, sesungguhnya visibility akan meningkatkan kredibilitas anda.

Pada waktu orang melihat nama anda atau diri anda secara terus menerus, mereka mengasumsikan bahwa anda adalah orang yang lebih sukses. Dan mereka menganggap anda lebih baik dari orang lainnya yang tidak pernah mereka lihat atau dengar. Mereka akan mengatakan, " jika saya belum pernah mendengar anda, maka anda tidak memiliki keahlian yang baik". Visibility anda mempengaruhi persepsi target market anda mengenai keahlian anda. Bisnis yang lebih terlihat (visible) oleh target market anda akan lebih banyak tawaran dari mereka.

Personal brand anda merupakan senjata anda dalam pertempuran visibility. Ia dapat menjaga anda tetap terlihat oleh prospek anda dan secara terus menerus mengingatkan mereka siapa anda dan apa yang anda kerjakan. Itulah mengapa menjadi sangat penting kalau anda perlu terus menerus mempromosikan brand anda. Jika anda tidak menjaga brand anda di depan target market anda, maka mereka akan mengasumsikan bahwa anda keluar dari bisnis anda. Tidak mengherankan kalau anda dengan cepat dilupakan oleh mereka.

Tentu saja, kemampuan anda juga penting. Segera setelah anda mendapatkan bisnis, kemampuan anda akan memberikan nilai (value) bagi klien anda. Jika mereka puas dengan layanan anda, maka mereka dengan senang hati memberikan anda referrals (referensi dari klien anda mengenai keahlian anda yang ditujukan ke prospek lainnya). Visibility gets prospects in the door. Ability keeps them with you for many years. Seperti cinta dan perkawinan, anda tidak dapat memiliki salah satunya tanpa memiliki lainnya.

2 komentar:

  1. Kalau boleh menambahkan, saya pernah baca satu quote dari Dale Carnegie : "there are four ways, and only four ways, in which we have contact with the world. We are evaluated and classified by these four contacts : what we do, how we look, what we say, and how we say it". BUkankah empat point di atas juga menyangkut visibility?

    (Juniati)

    BalasHapus
  2. Empat contact tersebut lebih menonjolkan kitanya sendiri dan belum terlihat bagaimana kitanya sendiri bakal dilihat oleh target market kita. Visibility lebih pada memunculkan kita di mata target market kita. Untuk itu, maka usaha-usaha promosi diri kita perlu dilakukan. Promosi-promosi tersebut dapat menggunakan branding channel. Diantaranya, kita bisa muncul di seminar-seminar jadi pembicara. Atau melalui buku-buku yang kita tulis untuk kemudian kita jual. Juga dapat melalui professional referrals.

    BalasHapus